Isu Kenaikan Harga Pertalite, Erick Thohir Pastikan Pemerintah tak akan Bebani Rakyat

- Kamis, 12 Mei 2022 | 11:10 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Dok. BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir (Dok. BUMN)

Menteri BUMN Erick Thohir memastikan, kenaikan harga BBM jenis Pertalite bukanlah sebuah opsi yang akan diambil oleh Pemerintah, meskipun saat ini harga minyak dunia masih melambung tinggi. 

Kenaikan harga Pertalite akan membebani masyarakat yang mayoritas mengkonsumsi jenis bensin ini, dan Pemerintah tidak akan mengambil kebijakan yang memberatkan rakyat.

Erick Thohir mengakui, saat ini sedang terjadi masalah terkait rantai pasok minyak mentah di dunia seiring terjadinya konflik Rusia-Ukraina. Namun dia menegaskan, Indonesia memiliki kekuatan fundamental dalam menyikapi lonjakan harga minyak dunia.

“Tidak mungkin Indonesia sebuah negara yang punya kekuatan fundamental ekonomi akan memberatkan rakyatnya. Di situlah negara hadir seperti (penanganan) Covid-19,” kata Erick di Grha Pertamina, Jakarta Pusat, Senin (9/5) malam.

Dengan melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia 5% pada kuartal I-2022, maka tidak mungkin pemerintah mempertimbangkan hal yang membebani masyarakat. "Jadi tidak mungkin pemerintah melakukan pertimbangan-pertimbangan yang justru memberatkan rakyatnya," ujar Erick.

Erick menegaskan, Pemerintah akan memberikan kebijakan yang terbaik untuk rakyatnya.

"Termasuk bagaimana sekarang kita terus mengintervensi yang namanya minyak goreng, CPO. Nah, ini bukan sesuatu yang aneh. Kita harus menjaga kepentingan nasional hari ini," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X