6 Jenis Kain yang Sering Digunakan Sebagai Bahan Baju

- Rabu, 4 September 2019 | 16:34 WIB
photo/aliexpress.com/dragonflyfabrics.co.uk
photo/aliexpress.com/dragonflyfabrics.co.uk

Untuk membuat baju yang nyaman dipakai, tentu tidak terlepas dari bahan kain yang digunakan. Pilihan jenis kain pun saat ini sudah beragam, tinggal tergantung orang-orang lebih terbiasa memakai bahan kain yang seperti apa. Yang pasti, beda jenisnya maka beda pula harganya.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Rabu (4/9), berikut ini 6 jenis kain yang sering digunakan sebagai bahan baju:

1. Kain Crepe

-
photo/dragonflyfabrics.co.uk

Kain crepe memiliki tekstur seperti kulit jeruk. Ada banyak varian, mulai dari tekstur kasar sampai halus, paling tebal hingga menerawang. Biasanya, pakaian dari jenis kain crepe ini banyak dipasarkan di toko-toko online.

2. Kain Wool

-
photo/myfabrics.co.uk

Kain wool biasa digunakan untuk membuat jaket, sweater, hingga scarf jilbab. Bahannya yang tebal membuat orang-orang memilih baju dengan bahan wool saat musim dingin atau musim hujan tiba. Namun, bahan wool cenderung susah dibersihkan jika ada noda menempel, karena jenis kain ini termasuk yang mudah menyerap air.

3. Kain Katun

-
photo/craftbymood.com

Kain katun termasuk yang paling sering dan umum digunakan untuk membuat baju. Harganya di pasaran pun tergolong mahal, tapi sesuai dengan kualitasnya. Katun memiliki daya serap keringat paling baik di antara bahan-bahan kain lainnya. Teksturnya juga lembut dan saat dipakai tidak menimbulkan hawa panas di tubuh.

Tapi sekarang ini kain katun sudah banyak ragamnya dan tidak lagi terbuat dari serat alami. Kain katun mulai dicampur dengan bahan polyester yang cenderung panas.

4. Kain Polyester

-
photo/flipkart.com

Kain berbahan polyester juga sering digunakan karena sifatnya yang tidak mudah kusut meski dicuci berulang kali. Tapi, bahan ini cenderung panas dan kurang menyerap keringat. Biasanya, polyester dikombinasikan dengan kain katun supaya teksturnya tidak terlalu kasar.

5. Kain Lycra

-
photo/aliexpress.com

Kain lycra memang jarang terdengar, tapi jenis kain ini sering dipakai untuk pakaian olahraga. Bahan kainnya memiliki tingkat elastisitas yang tinggi dan biasa disebut kain spandex.

6. Kain Wolfis

-
photo/Instagram/@hyugatex

Kain wolfis memiliki tekstur yang tidak menerawang. Sebenarnya, nama kain ini adalah Wool Peach, namun di Indonesia lebih populer dengan istilah 'wolfis'. Biasanya, wolfis dipakai untuk busana muslim, mulai dari gamis, rok, hingga jilbab. Bahannya lembut dan mudah jatuh.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X