Sekjen PDIP Ungkap Makna Sayur Lodeh di Tengah Pertemuan Presiden Jokowi dan Megawati

- Senin, 20 Maret 2023 | 09:01 WIB
Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum PDIP Megawati yang menyuguhkan hidangan sayur lodeh, dinilai memiliki makna filosofi mendalam. (Dok. PDIP)
Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum PDIP Megawati yang menyuguhkan hidangan sayur lodeh, dinilai memiliki makna filosofi mendalam. (Dok. PDIP)

Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, pada Sabtu (18/3/2023) memiliki makna mendalam.

Hasto mengungkapkan, pihak Istana menyajikan hidangan sayur lodeh yang lezat dalam pertemuan tersebut. Menurutnya, menu sayur lodeh memiliki makna tertentu.

"Lodeh ini menjadi hidangan yang istimewa, karena dulu Bung Karno ketika mencoba di masa-masa konfrontasi fisik, Ibu Fatmawati sempat mengadakan lomba memasak untuk mencari siapa juru masak terbaik yang bisa memasak menghadirkan sayur lodeh," kata Hasto kepada wartawan, dikutip Senin (20/3/2023).

Hasto menjelaskan, sayur lodeh memiliki arti dan filosofi tertentu bagi Indonesia yang kaya dengan cita rasa.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bertemu Megawati Selama 3 Jam di Istana Merdeka, Bahas Pemilu 2024

"Sayur lodeh ini kan simbol ketika menghadapi berbagai tantangan, di situlah saripati simbolisasi keselamatan dilakukan," tuturnya.

Lebih lanjut Hasto mengungkapkan, suasana pertemuan berjalan sangat baik dan penuh keakraban. Ia menyebut, Presiden Jokowi dan Megawati memang secara rutin menggelar pertemuan.

Adapun dalam pertemuan itu, diungkapkan Hasto, Presiden Jokowi dan Megawati membahas hal-hal strategis, termasuk dinamika politik hingga arah masa depan bangsa.

"Pertemuan berjalan dengan sangat baik. Membahas hal-hal strategis, tak hanya terhadap problematika bangsa saat ini, dinamika politik saat ini, tapi juga arah bagi masa depan," ungkap Hasto.

Pertemuan Megawati dan Presiden Jokowi juga membahas tentang Pilpres dan tahapan-tahapannya. Salah satunya membahas soal masih ada waktu bagi partai untuk menentukan figur yang akan diusung di Pilpres 2024.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun ke-76, Megawati Bagikan Kue untuk 3 Orang Terdekatnya

"Masih ada waktu, buat apa kita punya KPU yang telah menetapkan tahapan-tahapan pemilu kalau tidak percaya pada KPU. Dan menurut KPU September (penentuan Capres)," tutur Hasto.

Terkait hal itu, Hasto memastikan Megawati akan mengambil keputusan yang tepat mengenai sosok pasangan Capres-Cawapres. Di sisi lain, pertemuan Presiden Jokowi dan Megawati juga dimaknai bahwa pemilu 2024 akan dilaksanakan sesuai jadwal.

"Kemarin sudah diawali dengan suatu dialog. Bayangkan dua jam, empat mata, antara ibu Mega dan pak Presiden Jokowi. Pasti itu membahas hal-hal yang sifatnya serius," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X