Baku Tembak Lagi di Papua, 3 Polisi Jadi Korban KKB

- Senin, 9 Januari 2023 | 08:31 WIB
Anggota Brimob terkena tembakan saat kontak senjata dengan KKB Yahukimo, dinaikkan ke mobil untuk dibawa ke rumah sakit. (Dok. Polda Papua)
Anggota Brimob terkena tembakan saat kontak senjata dengan KKB Yahukimo, dinaikkan ke mobil untuk dibawa ke rumah sakit. (Dok. Polda Papua)

Aksi baku tembak kembali terjadi antara personel TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Akibatnya, tiga personel kepolisian menjadi korban.

Peristiwa itu diawali dari seorang tukang ojek yang dihadang KKB di Jalan Kadibing Lokasi III, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, pada 7 Januari 2023 siang. KKB langsung menembak tukang ojek tersebut, namun korban berhasil menghindar dan melaporkan hal ini ke kantor polisi.

"Mendengar laporan tersebut, kemudian sekitar pukul 13.35 WIT personel Polres Pegunungan Bintang bersama Satgas Mandala dan Satgas Preventif, dengan cepat mendatangi TKP guna merespons kejadian tersebut," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin (9/1/2023).

Baca Juga: Operasi Damai Cartenz di Papua Segera Berakhir, Polri Segera Evaluasi

Belum tiba di TKP, KKB melakukan penyerangan dengan cara menembak ke arah polisi. Baku tembak pun tidak terhindar.

"Penyerangan tersebut diduga merupakan ulah KKB wilayah Pegunungan Bintang," bebernya.

Akibatnya, mobil milik kepolisian rusak terkena tembakan. Ada pula personel kepolisian yang terkena tembakan dari KKB.

Baca Juga: Akhir Tahun 2022, Panglima TNI Tak Tambah Personel di Papua untuk Hadapi KKB

"Diketahui, satu personel atas nama Briptu Fransiskus Ronsumbre mengalami luka tembak dibagian lengan kanan bagian atas, dan dua personel lainnya yakni Ipda Jaenuddin dan Brigpol Freying mengalami luka akibat terkena serpihan peluru," kata Ignatius.

Kekinian, para pelaku penembakan hingga saat ini masih diselidiki. Polri terus melakukan patroli untuk mencegah terjadinya teror susulan dari KKB.

Artikel Menarik Lainnya:

 

 

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X