Ucapkan Selamat Waisak, Jokowi Cerita Biksu Thudong Jalan Kaki ke Borobudur

- Minggu, 4 Juni 2023 | 12:56 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Waisak kepada umat Buddha sambil bercerita tentang para biksu yang menjalani ritual Thudong ke Candi Borobudur. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Waisak kepada umat Buddha sambil bercerita tentang para biksu yang menjalani ritual Thudong ke Candi Borobudur. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Waisak 2023 kepada umat Budha di seluruh Indonesia. Jokowi juga bercerita tentang para biksu yang menjalani ritual Thudong dalam perayaan Waisak kali ini.

Kepada saudara-saudaraku umat Buddha, selamat memperingati Hari Raya Waisak," kata Jokowi melalui unggahan di akun Instagramnya, Minggu (4/6/2023).

Tak lupa dia pun mendoakan agar semua masyarakat hidup bahagia melalui momen Waisak kali ini.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan Indonesia Tak Bisa Didikte Negara Mana Pun

"Semoga semua makhluk hidup berbahagia," kata Jokowi.

Dalam unggahan tersebut, Jokowi membagikan gambar ilustrasi sejumlah biksu yang bersalaman dengan masyarakat Indonesia berbeda agama.

Para biksu dalam ilustrasi tersebut berbaris rapi ke arah Candi Borobudur yang tampak megah dan besar. Seperti gambar tersebut, Jokowi juga bercerita tentang para biksu yang berjalan kaki menuju Candi Borobudur.

-
Sejumlah biksu Thudong berada di Candi Sewu, Klaten, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Baca Juga: Puluhan Biksu 'Thudong' Akui Toleransi di Indonesia Sangat Tinggi, sampai Angkat 20 Jari

"Sejumlah biksu dari berbagai negara berjalan kaki menempuh ribuan kilometer menuju Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah," kata Presiden.

"Para biksu ini melakukan ritual Tudhong dari Thailand, Malaysia, Singapura, sampai ke Indonesia dan mendapatkan penerimaan yang hangat dan ramah di sepanjang jalan," tambahnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Ada sebanyak 32 orang biksu thudong yang berjalan kaki menuju Candi Borobudur menjelang Hari Raya Waisak. Mereka menghabiskan waktu kurang lebih sekitar 3 bulan dari Thailand.

Aktivitas yang disebut ritual Thudong itu dilakukan untuk merenungkan sifat-sifat luhur Sang Buddha Gautama.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X