Pj Gubernur DKI Jakarta Minta Warga Marunda Kepu Gunakan Air Bersih dengan Bijak

- Jumat, 16 Desember 2022 | 17:13 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, meninjau pelayanan PAM Jaya di Marunda Kepu (INDOZONE/Febyora Dwi Rahmayani)
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, meninjau pelayanan PAM Jaya di Marunda Kepu (INDOZONE/Febyora Dwi Rahmayani)

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, meninjau pelayanan PAM Jaya berupa Inovasi Pembangunan Reservoir Komunal di Kampung Nelayan Marunda, Jalan Kp Marunda Kepu, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (16/12/2022).

Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui PAM Jaya, selaku BUMD DKI Jakarta, terus berupaya meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat.

"Salah satunya, melalui inovasi pembangunan reservoir komunal atau ground water tank," ujar Heru

-
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, meninjau pelayanan PAM Jaya di Marunda Kepu (INDOZONE/Febyora Dwi Rahmayani)

Baca Juga: Soal Maju Jadi Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono Bilang Begini

Heru menyatakan, pembangunan ini merupakan respons cepat atas kebutuhan air bersih warga Marunda Kepu.

"Pembangunan reservoir komunal atau ground water tank merupakan inovasi dan solusi pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga Marunda Kepu," sambung Heru.

Oleh karena itu, Heru mengapresiasi semua pihak yang telah bekerja sama dalam meningkatkan pelayanan ketersediaan air bersih hingga ke ujung wilayah Jakarta.

"Kepada warga Marunda Kepu, saya berpesan untuk selalu memelihara fasilitas pelayanan air ini dan menggunakan air bersih dengan bijak sesuai kebutuhan," sambung Heru.

Selain itu, menurut Heru, Pemprov DKI Jakarta melalui PAM JAYA akan terus berupaya merealisasikan pemenuhan 100 persen kebutuhan air minum perpipaan bagi seluruh warga DKI Jakarta pada 2030.

"Salah satunya, dengan melakukan pembangunan perpipaan sepanjang 4.000 kilometer yang akan dibangun secara bertahap dalam dua tahun ke depan (2023-2024)," tambah Heru.

Sementara itu, Direktur Utama PAM Jaya, Arief Nasrudin, mengungkapkan inovasi pembangunan reservoir komunal disertai booster pump di dekat pemukiman warga, telah menjadi solusi atas kebutuhan air warga Marunda Kepu.

"Saat ini, suplai air di wilayah tersebut telah normal, bahkan hingga ke rumah yang berada di ujung permukiman," ujar Arief.

Menurutnya, Reservoir komunal ini adalah upaya PAM Jaya dalam memberikan kedaulatan air bagi seluruh warga Jakarta, dengan target 100 persen cakupan pelayanan pada 2030.

"Dari persoalan yang kami temukan di lapangan, kami menemukan inovasi dan solusi, yakni pembangunan reservoir komunal. Prinsipnya, kami membuat penampungan air di dekat permukiman," sambung Arief.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X