Prestasi Ferdy Sambo sebagai Anggota Polri, Banyak Bongkar Kasus Besar!

- Selasa, 14 Februari 2023 | 14:41 WIB
Ferdy Sambo (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Ferdy Sambo (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo kini sudah divonis hukuman mati oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atas kasus pembunuhan ajudannya sendiri. Terlepas dari vonis tersebut, sejarah Sambo membongkar kasus-kasus besar di Indonesia tak bisa dilupakan begitu saja.

Ferdy Sambo sendiri merupakan Akpol lulusan 1994. Sebelum jatuh, karir Sambo kian meroket mendahului para seniornya hingga mendapat pangkat jenderal bintang dua.

Suami Putri Candrawathi ini bahkan menduduki posisi-posisi sangat sentral. Antara lain Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri hingga Kadiv Propam Polri.

Indozone merangkum secara singkat prestasi apa saja hingga kasis besar apa saja yang sudah pernah dibongkar di tangan mantan jenderal polisi bintang dua tersebut. Berikut rangkumannya:

1. Prestasi Ferdy Sambo

Dalam persidangan yang pernah berjalan beberapa waktu lalu, Ferdy Sambo sempat memamerkan prestasi dirinya saat menjadi anggota Polri. Bahkan, dia pernah mendapatkan penghargaan tertinggi.

Baca Juga: Divonis Mati, Ferdy Sambo Bakal Beberkan Borok Pati Polri?

Dari ucapan tim kuasa hukumnya, Sambo tercatat sudah mendapat 11 tanda kehormatan dari Polri. Dia juga mendapat penghargaan Bintang Bhayangkara Pratama.

2. Tangani Teroris Sarinah

Awal 2016 silam, kala masih menjabat sebagai Waditreskrimum Polda Metro Jaya, Sambo yang masih berpangkat AKBP ikut serta menangkap teroris di Sarinah, Jakarta Pusat.

Endingnya, aksi teroris ini pun berhasil ditangkap oleh polisi

3. Bongkar Kasus Kopi Sianida

Masih di tubuh Polda Metro Jaya, Ferdy Sambo bersama jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum berhasil membongkar kasus misteri kematian Wayan Mirna Salihin. Kematian Mirna diketahui karena meminum kopi sianida.

Baca Juga: 7 Fakta Vonis Hukuman Mati Ferdy Sambo di Kasus Pembunuhan Berencana Yosua

4. Ciduk Djoko Tjandra di Luar Negeri

Saat di Bareskrim Polri, Sambo menangkap buronan kelas kakap Djoko Tjandra. Djoko Tjandra ditangkap di luar negeri dan berhasil dibawa ke tanah air.

-
Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo (tengah). (ANTARA/M Risyal Hidayat)

5. Bongkar Kasus Kebakaran Kejagung

Ferdy Sambo yang menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri kala itu berhasil membongkar kasus kebakaran Gedung di Kejaksaan Agung. Bareskrim bahkan membeberkan dengan jelas penyebab kebakaran ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X