Puluhan Anggota DPR Terima Penghargaan dari MKD Awards, Apa Alasannya?

- Senin, 12 Desember 2022 | 14:19 WIB
Puluhan Anggota DPR terima MKD Awards (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin).
Puluhan Anggota DPR terima MKD Awards (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin).

Mahkamahan Dewan Kehormatan (MKD) DPR RI memberikan penghargaan kepada sejumlah anggota dari masing-masing fraksi yang ada di parlemen. Adapun Penghargaan diberikan kepada anggota yang dianggap memperjuangkan etika lembaga DPR RI.

Ketua MKD Adang Darajatun mengatakan MKD Awards bukanlah ajang pencarian bakat atau pemberian kalkulatif sebagaimana penilaian kontestasi lainnya.  Disebutnya MKD Awards merupakan penilaian etis yang diyakini akan berdampak pada kinerja kelembagaan DPR secara menyeluruh.

"Kita memaklumi bahwa ajang ini merupakan ikhtiar etis dan diawali dengan cara yang baik, mengapresiasi Wakil Rakyat adaah cara untuk mengapresiasi rakyat itu sendiri. Sebagai pembuktian bahwa mereka yang terpilih sejatinya adalah mereka yang memang sejak awal terpilih oleh rakyat sebagai figur yang mampu menyalurkan suara mereka dalam ruang yang etis, bukan sekadar ruang kalkulatif,"  ujar Adang kepada wartawan, Senin (12/12/2022).

Baca Juga: Anggota DPR Dian Istiqomah Laporkan 4 Orang ke Polisi Terkait Aduan Palsu ke MKD

Adang berharap ajang yang pertama kali digelar MKD ini bisa dilanjutkan periode berikutnya. Ajang ini, kata dia, bisa menjadi bagian dari sistem pengawasan internal. 

"Mengawasi pelaku anggota DPR RI sebagai tugas MKD tidak hanya dilakukan berdasarkan pengadilan atau peristiwa dengan pelanggaran kode etik karena itu menempatkan MKD sebagai lembaga yang pasif. Sementara itu, penegakan etik bermakna sebagau bentuk upaya dan berkelanjutan," tuturnya.

Baca Juga: MKD DPR Stop Laporan Etik Bambang Pacul soal Pemberhentian Hakim MK Aswanto, Ini Alasannya

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan penegakan etika tidak cukup hanya diemban MKD. Menurut dia, penegakan etika adalah ikhtiar bersama yang didasari atas kesadaran kolektif sebagai wakil rakyat baik secara personal maupun secara institusional.

"Bahu membahu dalam memaknai pentingnya kesadaran etis kelembagaan adalah upaya tidak sederhana, melainkan harus bersinambungan terus menerus, saling menjaga dan mengingatkan," kata Cak Imin.

Tak hanya itu, Cak Imin menilai ajang MKD Awards ini sebagai penegasan jika MKD DPR RI senantiasa mengajak seluruh anggota DPR RI untuk memperjuangan penegakan etika kelembagaan bersama-sama. Dia menyebut mereka yang terpilih akan menjadi agen-agen penegak etika sehingga keteledanan harus dijaga dan terus menjadi kebanggaan Legislatit.

"Di pundak para agen-agen penegak etika DPR inilah tersemat tanggung jawab moril bersama untuk terus ikhtiar perjuangan menegakkan etika kelembagaan DPR RI. Kita berharap momentum MKD Award ini akan terus berlanjut dan terus membangun inovasi, membangun kebanggaan dan kebersamaan kita," tutur Cak Imin.

Mereka yang menerima penghargaan nominasi 'para pejuang etika lembaga DPR RI', antara lain dari fraksi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu, Arya Bima, Ono Surono. Kemudian, dari Golkar, Adies Kadir, Kahar Muzakir, dan Ahmad Doli Kurnia.

Lalu, fraksi Partai Gerindra ada Andre Rosiade, Novita Wijayanti, dan Andi Iwan Darmawan Aras. Selanjutnya, fraksi Partai NasDem yang menerima Ahmad Sahroni, Felly Estelita Runtuwene, dan Taufik Basari.

Sementara untuk fraksi PKB diberikan kepada Daniel Johan, Jazilul Fawaid, dan Luluk Nur Hamidah. Lalu, fraksi Partai Demokrat ada Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Anwar Hafidz, dan Irwan.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X