Kapal Pengangkut Kopra Karam di Dermaga Kuala Tungkal

- Rabu, 12 April 2023 | 13:10 WIB
Kapal pengangkut kopra karam di dermaga kuala tungkal. (Foto ilustrasi kapal: ANTARA FOTO/Seno)
Kapal pengangkut kopra karam di dermaga kuala tungkal. (Foto ilustrasi kapal: ANTARA FOTO/Seno)

Kapal pengangkut kopra mendadak karam di dermaga Water Front City Kuala Tungkal, di Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. Kapal jenis Pompong GT 06 itu terdorong arus, hingga tenggelam pada Rabu (12/4/2023) sekitar pukul 09.30 WIB.

Kasatpol Air Polres Tanjab Barat Kompol Saiful mengatakan, kapal tenggelam dengan muatan 90 karung kopra. Pompong yang akan bergerak ke Pulau Kijang tersebut terbawa arus air di dermaga Pelabuhan Tanggo Rajo.

"Pemilik pompong kini tampak melakukan olah gerak di Pelabuhan Tanggo Rajo Ulu, untuk membawa muatan kopra dengan tujuan ke dermaga Aseng," kata Saiful dikutip Antara.

Baca Juga: Hebat! Prajurit Kodim Gagalkan Aksi Pembajakan Kapal Seorang Diri

Kasatpol Air Polres Tanjabbar mengatakan, saat melakukan olah gerak pompong tersebut terdorong arus ke arah bawah jembatan WFC. Akibatnya kapal pompong melintang masuk di antara kedua tiang jembatan.

Menurut polisi, pemilik pompong meminta bantuan untuk evakuasi. Namun, saat hendak dibantu, pompong tersebut sudah patah di bagian tengah lambung pompong dan sudah setengah tenggelam.

"Mencari bantuan dengan meminjam pompong nelayan untuk mengevakuasi pemilik pompong yang masih berada di dalam pompong, lalu dibawa menuju dermaga pasar ikan parit II," katanya.

Baca Juga: Fakta Soal Kapal Queen Mary, Lokasi Paling Berhantu di Amerika Serikat

Kasat juga menyebutkan akibat kejadian tersebut pemilik pompong mengalami lemas badan karena terlalu banyak meminum air asin.

Menurut dia, polisi sudah menawarkan kepada pemilik kapal untuk berobat ke rumah sakit. Namun, pemilik pompong tidak bersedia.

"Personel Satpolairud membawa pemilik pompong menuju rumah saudaranya. Untuk evakuasi pompong akan dilakukan pada sore hari nanti menunggu air pasang," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X