Peringatan 18 Tahun Tsunami Aceh, Ziarah ke Kuburan Massal Siron Hingga Bunyikan Sirine

- Senin, 26 Desember 2022 | 08:53 WIB
Ilustrasi tsunami. (FREEPIK/dr.digitex)
Ilustrasi tsunami. (FREEPIK/dr.digitex)

Peringatan 18 tahun Tsunami Aceh jatuh pada hari ini Senin (26/12/2022). Adapun kegiatan peringatan yang dilakukan warga setempat mulai dari ziarah ke Kuburan Massal Siron, hingga menghentikan aktivitas sejenak saat sirine dibunyikan.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat menetapkan lokasi peringatan 18 Tahun Tsunami Aceh akan dipusatkan di Kuburan Massal Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

“Kuburan Massal Siron salah satu tempat saksi betapa dahsyatnya tsunami 2004 silam. Ada 40 ribu lebih para syuhada yang dimakamkan di sana. Jadi, tidak hanya kegiatan seremonial semata, tapi kita bisa sekalian berziarah di sana,” kata Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal dikutip dari Antara, Senin (26/12/2022).

-
Pameran foto peringatan 18 tahun Tsunami Aceh di Rumah Adat Aceh, Banda Aceh, Minggu (25/12/2022). (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Baca Juga: Fungsi Utama Museum Tsunami Aceh Dipastikan untuk Penyelamatan

Almuniza menjelaskan, kegiatan tersebut ikut dirangkai dengan sejumlah kegiatan di antaranya tafakur, zikir dan selawat, santunan anak yatim, ziarah, serta tausiah dan doa bersama.

“Setiap peringatan tsunami, banyak sekali ditemui peziarah berbeda suku, agama, dan budaya, yang membaur di Kuburan Massal Tsunami Siron untuk mendoakan keluarga dan kerabatnya,” tuturnya.

Selain itu, peringatan 18 tahun Tsunami Aceh juga dilakukan dengan menghentikan aktivitas sejenak pada Senin (26/12/2022) pukul 07.59 WIB.

“Senin tepatnya 26 Desember 2022 pukul 07.59 WIB akan dibunyikan sirine selama satu menit dan kami berharap masyarakat dapat menghentikan sejenak aktivitasnya,” ujar Almuniza.

Baca Juga: Heboh Polisi yang Dikira Tewas saat Tsunami Aceh 2004, Bharaka Asep Lakukan Tes DNA

Sirine yang dibunyikan tersebut juga bagian mengenang dan mengingat kembali musibah yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004 silam.

Peringatan 18 tahun tsunami tahun ini mengusung tema “Bangkit Lebih Kuat, Bangun Budaya Sadar Bencana”.

“Isi tema tersebut sebagai bentuk upaya pemerintah mengajak masyarakat agar senantiasa bersemangat dalam bertransformasi dan bangkit dalam membangun budaya sadar bencana,” pungkas Almuniza. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X