UE Beri Dukungan dan Sambut Baik Keputusan Indonesia Selamatkan Pengungsi Rohingnya

- Kamis, 2 Juli 2020 | 23:08 WIB
Warga melakukan evakuasi paksa pengungsi etnis Rohingya dari kapal di pesisir pantai Lancok, Kecamatan Syantalira Bayu, Aceh Utara, Aceh, Kamis (25/6/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Rahmad)
Warga melakukan evakuasi paksa pengungsi etnis Rohingya dari kapal di pesisir pantai Lancok, Kecamatan Syantalira Bayu, Aceh Utara, Aceh, Kamis (25/6/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Rahmad)

Terkait keputusan Indonesia yang mengizinkan pendaratan aman dan memberikan bantuan kepada 99 pengungsi Rohingnya di lepas Pantai Utara Aceh pekan lalu, Uni Eropa (UE) menyambut baik keputusan itu dan akan memberikan dukungan.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan EU, Nabila Massrali dalam keterangan tertulis, Kamis (2/7/2020).

“Penyelamatan para pengungsi Rohingya yang menghadapi kondisi mengerikan, merupakan penghormatan terhadap hukum internasional dan membuktikan kemurahan hati rakyat dan pemerintah Indonesia,” kata Nabila.

Nabila juga menyampaikan bahwa pihak UE akan bekerja sama dengan pihak Indonesia, Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) dan organisasi kemanusiaan lainnya untuk menangani kebutuhan dasar paling mendesak dari para pengungsi.

“Sementara kami menghargai tindakan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia, keadaan buruk kaum Rohingya tidak dapat diselesaikan dengan tindakan kemanusiaan dari negara-negara yang baik hati saja. Akar penyebab penderitaan Rohingya adalah di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, tempat mereka semula diusir secara paksa,” tambahnya.

Di samping itu, UE juga berharap pemerintah Myanmar bisa menciptakan kondisi yang memungkinkan warga etnis Rohingya kembali secara aman, berkelanjutan, bermartabat, dan sukarela ke tempat asal mereka.

“Kami tegaskan bahwa angkatan bersenjata di Myanmar harus segera melaksanakan gencatan senjata tanpa syarat, termasuk di Rakhine dan Negara Bagian Chin, dan berkomitmen kembali pada proses perdamaian yang inklusif,” kata Nabila menegaskan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X