Tak Gunakan Dokumen Pindah Pilih, Satu TPS di Malang Lakukan Pemungutan Suara Ulang

- Jumat, 11 Desember 2020 | 17:22 WIB
Petugas KPPS berpakaian baju hazmat dan alat pelindung diri (APD) menyemprotkan cairan disinfektan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 13, Cipayung, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/12/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)
Petugas KPPS berpakaian baju hazmat dan alat pelindung diri (APD) menyemprotkan cairan disinfektan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 13, Cipayung, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/12/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Akibat tidak menggunakan dokumen pindah pilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang menyebutkan ada satu tempat pemungutan suara (TPS) yang akan melakukan pemungutan suara ulang (PSU).

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Malang Marhaendra Mahardika dalam hal ini mengatakan bahwa PSU tersebut dilakukan di TPS 3 Purwodadi, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

"Kami sedang melakukan persiapan untuk PSU di TPS 3 Purwodadi, Donomulyo," kata Mahardika di Malang, dilansir dari Antara, Jumat (11/12/2020).

Selain itu, Mahardika juga menjelaskan alasan kenapa pelaksanaan PSU itu dilakukan. Hal tersebut karena Kecamatan Donomulyo terjadi pemilih dari kecamatan lain yang melakukan pencoblosan di TPS tersebut tetapi tidak menggunakan dokumen pindah pilih.

Baca juga: Dinilai Ada Pelanggaran, 12 TPS di Sumatera Barat Lakukan Pemilihan Suara Ulang

"Ada pemilih dari kecamatan lain yang mencoblos di TPS 3 Purwodadi. Pencoblosan itu tidak menggunakan dokumen pindah pilih," kata Mahardika.

Mahardika menjelaskan bahwa rencana pelaksanaan PSU pada TPS tersebut pada Sabtu (12/12/2020). Ia berharap pemungutan suara ulang tersebut bisa berjalan lancar, tanpa ada kendala yang berarti.

Mahardika juga mengatakan bahwa pemungutan suara pada Rabu (9/12/2020) secara keseluruhan berjalan dengan lancar dan aman. Ada beberapa permasalahan kecil, namun bisa teratasi dengan baik.

"Saat pelaksanaan, ada kendala wajar. Akan tetapi, bisa teratasi. Misalnya, ada surat suara yang kurang. Hal ini bisa diatasi dari persediaan surat suara," kata Mahardika.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X