Susi Pudjiastuti Sampai Tepok Jidat, Mendag Lutfi Syaratkan PCR dan Antigen Masuk Mal

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 11:39 WIB
Mantan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti. (Instagram/Susi Pudjiastuti)
Mantan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti. (Instagram/Susi Pudjiastuti)

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sampai tepok jidat mengetahui ada kebijakan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyatakan hasil negatif tes PCR atau Swab Antigen sebagai syarat untuk masuk mal.

"Mendag Sebut PCR-Antigen Jadi Syarat Masuk Mal Selain Kartu Vaksin," twit Susi sambil menautkan icon tepuk jidat dalam akun Twitternya seperti yang dilihat Indozone, Kamis (12/8/2021).

Pernyataan Lutfi terkait dengan syarat tes PCR dan Swab Antigen negatif untuk masuk mal mendapat kritik dari masyarakat luas.

Dokter Tirta Hudhi mengungkap sulitnya masyarakat luas untuk melakukan tes PCR mengingat harganya masih di luar nalar dan tidak terjangkau masyarakat.

"Anda-Anda ini tahu enggak fungsi PCR apa? Ya buat test tracing. Malah jadi syarat A I U E O. Anda tahu? PCR di luar Jawa itu susah benar, 5-14 hari. Dan di Jakarta, PCR buat syarat masuk mal. Anda kapan-kapan ngopi. Bisa video call sama pasien saya, jadi tahu susahnya PCR di luar Jawa,” tulis dr Tirta di akun Instagram miliknya.

“Aku kasih tahu sini bosku, 1 PCR Rp850.000, 1 antigen Rp235.000,” timpalnya.

Dokter dua anak itu menyarankan daripada menghabiskan stock PCR sebagai syarat masuk ke mal, lebih baik diperuntukkan PCR ke luar Jawa agar adil.

Dia memahami jika konsep siapa yang ke mal haruslah sehat. Namun, harus dipikirkan orang lain yang tidak bisa melaksanakan semua syarat, tetapi mau tidak mau harus ke mal.

"Kalau gitu kagak usah ke mall sekalian, sesuai saran Anda. Oh ya tapi pikirkan nasib Ojol-Ojol yah, yang pickup pesenan dong. Nasib pegawai mal? Nasib tenant yang kehilangan customer? Mereka juga butuh omzet. Karena sewa terus berjalan. Kesehatan buat semua rakyat katanya yoi enggak @Kemenag. Mau dagang PCR apa gimana," bebernya.

Sementara itu Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengklarifikasi pernyataannya soal syarat masuk mal yakni PCR dan Swab Antigen.

-
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (Instagram)

 

Dia menjelaskan menjelaskan pernyataan saya terkait pengunjung mal yang harus menunjukan hasil negatif PCR (2 hari) atau antigen (1 hari).

"Saya tegaskan, pertama: ini berlaku bagi teman - teman yang tidak divaksin karena alasan kesehatan. Kedua, mengapa peraturan ini dibuat khusus u/ pusat perbelanjaan & mal, karena sirkulasi udara di mal & pusat perbelanjaan dilengkapi pendingin udara," kata Lutfi dalam akun Instagramnya.

Menurutnya prioritas utamanya adalah menekan laju penyebaran Covid-19 yang rentan dalam ruangan tertutup.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X