Para Wisatawan Asal Tiongkok Batal Saksikan Ajang Pacu Jawi

- Senin, 27 Januari 2020 | 18:44 WIB
Sejumlah wisatawan asal Tiongkok tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatera Barat, Minggu (26/1/2020). (Photo/ANTARA/Iggoy el Fitra)
Sejumlah wisatawan asal Tiongkok tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatera Barat, Minggu (26/1/2020). (Photo/ANTARA/Iggoy el Fitra)

Sebelumnya, ratusan wisatawan asal Tiongkok diagendakan pada Senin (27/1/2020) akan mengunjungi Istano Basa Pagaruyung dan menyaksikan kegiatan Pacu Jawi di Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan, Sumatera Barat.

Terkait batalnya datang wisatawan tersebut, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan pembatalan kunjungan itu setelah menimbulkan respons dari berbagai pihak mengenai virus corona asal negara tersebut.

Setelah melakukan berbagai kajian dan berkoordinasi dengan pihak manajemen, pimpinan rombongan, tim pendamping, dan tim medis. Irdinansyah menyampaikan hal tersebut terpaksa dibatalkan.

"Setelah dilakukan koordinasi, mereka memahami apa yang kita sampaikan. Maka diambil kesimpulan bahwa kunjungan mereka yang direncanakan ke Istano Basa Pagaruyung, Indo Nolito, dan menyaksikan pacu jawi sangat terpaksa dibatalkan," katanya.

Bupati berharap setelah pembatalan kunjungan wisatawan dari Kota Kunming itu kondisi dan situasi di Tanah Datar tetap dalam kondisi yang kondusif.

"Harapan kita situasi dan kondisi masyarakat di Tanah Datar tetap aman dan kondusif, setelah dibatalkannya kunjungan turis asal China itu," ujar Irdinansyah.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar Abdul Hakim mengatakan kunjungan itu dibatalkan usai Pemda Tanah Datar melakukan koordinasi bersama kedua belah pihak.

"Karena kunjungan mereka tidak pada kondisi yang tepat,  sehingga menimbulkan keresahan di masyarakat kita di Tanah Datar, maka dari itu diputuskan kunjungan mereka dibatalkan ke Tanah Datar," katanya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X