Misi Damai di Lebanon, Satgas TNI Bantu Evakuasi Penumpang yang Kapalnya Hampir Tenggelam

- Senin, 2 Januari 2023 | 11:14 WIB
Aksi Satgas MTF TNI Konga XXVIII N UNIFIL bantu pengungsi Lebanon. (Twitter@_TNIAL_)
Aksi Satgas MTF TNI Konga XXVIII N UNIFIL bantu pengungsi Lebanon. (Twitter@_TNIAL_)

Satuan Tugas Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda XXVIII-N/UNIFIL TA 2022 yang menjalakan misi perdamaian di Lebanon berhasil mengevakuasi penumpang yang kapalnya hampir tenggelam.

Mengutip Twitter @_TNIAL_, Senin (2/1/2023) KRI Frans Kaisiepo-368 yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL langsung mendapat kepercayaan sebagai On Scene Coordinator dan Tactical Controller pada operasi SAR.

“KRI Frans Kaisiepo-368 beserta Kapal Perang Yunani, HS Spetsai-F 453, dua patrol boat dan satu RHIB LAF Navy, serta satu small boat ICRC berhasil mengevakuasi korban selamat sebanyak 96 orang yang terdiri dari 18 pria, 21 wanita, dan 57 anak-anak,” twit TNI AL dikutip Indozone.

Baca Juga: Dilantik Jadi KSAL, Segini Kekayaan Muhammad Ali!

Akun TNI AL juga mengunggah yang memperlihatkan sebuah kapal yang padat penumpang dan salah satu bagian kapalnya sudah tenggelam.

Satgas yang dipimpin oleh Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh ini melaksanakan misi perdamaian dunia selama 1 tahun di Lebanon. Sebanyak 119 personel diberangkatkan terdiri atas 103 ABK, 9 crew helly, dan 7 personel pendukung (Perwira Hukum, Intelijen, Psikologi, Dokter, Penerangan, Kopaska, dan Penyelam).

Selain melaksanakan tugas diplomasi militer, Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N juga melaksanakan kegiatan lain, seperti Maritime Interdiction Operation (MIO) dengan melaksanakan pengawasan maritim di Area of Maritime Operation (AMO).

Baca Juga: Disematkan Baret Kopassus, Kapolri: Darah Saya Mengalir Darah TNI!

Satgas juga melaksanakan pelatihan guna meningkatkan kemampuan Lebanese Armed Force Navy (LAF-Naw) sehingga mampu menjaga wilayah laut teritorial secara mandiri, melaksanakan hailing seluruh kapal yang akan masuk/keluar perairan teritorial, melaksanakan boarding and inspection bila ada kapal asing yang dicurigai, dan bertugas melaporkan kontak udara dari luar/dalam wilayah AMO.

Sebagai komponen maritim dalam misi UNIFIL, Satgas MTF memiliki peran sentral untuk menjaga stabilitas keamanan di laut dengan melaksanakan operasi interdiksi laut guna mencegah masuknya senjata dan material secara tidak sah ke Lebanon.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X