Miris, Jemaah Ahmadiyah di Sintang Dilarang Beribadah, Masjid Mereka Disegel Pemerintah

- Minggu, 15 Agustus 2021 | 22:28 WIB
Polisi menyampaikan kepada jemaah Ahmadiyah agar kembali kepada yang benar. (Instagram @kabarsejuk)
Polisi menyampaikan kepada jemaah Ahmadiyah agar kembali kepada yang benar. (Instagram @kabarsejuk)

Pasal 29 UUD 1945 menyatakan bahwa negara Indonesia berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa dan Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya.

Namun, bunyi pasal tersebut agaknya belum dipedomani dan dijalankan oleh oknum aparatur pemerintahan dan polisi di Kabupaten Sintang

Baru-baru ini, pemerintah dan pihak kepolisian di Sintang mendatangi masjid jemaah Ahmadiyah di Desa Balai Harapan, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

-
Pemerintah Kabupaten Sintang menyegel masjid jemaah Ahmadiyah. (Instagram @kabarsejuk

Mereka dinilai melakukan tindakan diskriminasi dengan menyegel masjid tersebut dengan dasar SKB 3 Menteri Nomor 3 Tahun 2008, Perda Nomor 13 Tahun 2017 tentang Ketentraman Umum, serta SKB Bupati Sintang, Kodim 1205/STG, Kejaksaan Negeri Sintang, Kapolres Sintang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang.

Mereka meminta jemaah Ahmadiyah di lokasi tersebut untuk menghentikan aktivitas peribadatan di masjid yang mereka segel itu.

Tak cuma menyegel, Wakil Bupati Sintang Sudiyanto juga menyurati jemaah Ahmadiyah tersebut.

-
Pemerintah Kabupaten Sintang menyegel masjid jemaah Ahmadiyah. (Instagram @kabarsejuk)

Di dalam surat yang ditulis pada 13 Agustus 2021 dan ditandatanganinya itu, ada tiga poin yang ia sampaikan kepada jemaah Ahmadiyah.

Pertama, ia menyampaikan bahwa "Sepanjang mengaku beragama Islam, untuk menghentikan penyebaran penafsiran dan kegiatan yang menyimpang dari pokok-pokok ajaran agam Islam, yaitu penyebaran faham yang mengajui adanya nabi dengan segala ajarannya setelah Nabi Muhammad SAW. 

Kedua, ia meminta jemaah Ahmadiyah agar menghentikan aktivitas dan operasional bangunan (rumah ibadah) jamaah Ahmadiyah Indonesia (JAI) di Desa Balai Harapan.

-
Masjid jemaah Ahmadiyah disegel pemerintah setempat. (Instagram @kabarsejuk)

Ketiga, ia meminta jemaah Ahmadiyah di desa tersebut untuk tidak melakukan kegiatan yang berpotensi menimbulkan keresahan dan atau dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selain itu, dalam video yang diunggah akun Instagram @kabarsejuk, seorang polisi menyampaikan kepada perwakilan JAI "untuk kembali kepada yang benar".

"Merefleksi, kita kaji lagi. Karena pendapatnya bertentangan, masih ada sesuatu. Kalau memang benar, ya. Tapi kalau tidak ya kita harus kembali kepada yang benar, yang haq," ujar oknum polisi tersebut.

-
Surat dari Wakil Bupati Sintang kepada Jemaah Ahmadiyah Indonesia di Sintang. (Instagram @kabarsejuk)

Menurut akun Kabar Sejuk, jemaah Ahmadiyah punya peran penting dalam kemerdekaan Indonesia. Pencipta lagu Indonesia Raya WR Supratman, mantan Perdana Menteri Syafrudin Prawira Negara, dan pahlawan Ampera Arif Rahman Hakim adalah jemaat Ahmadiyah.

"Meski banyak pemerintah daerah menumpas hak-hak jemaat Ahmadiyah, sampai kini Ahmadiyah menjadi penyumbang rutin donor darah paling banyak, termasuk donor mata, di Indonesia. Aksi-aksi sosial kemanusiaannya semakin hari bertambah aktif dan meluas ke berbagai wilayah, menjangkau banyak korban di setiap ada bencana, dari tsunami Aceh, gempa dan tsunami Banten, Lombok, Jogja, Palu, dll," lanjut akun Kabar Sejuk.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X