Dapat Dukungan dari Masyarakat Sasak, Ganjar Pranowo Optimistis Menang 51 Persen di NTB

- Minggu, 18 Juni 2023 | 15:00 WIB
Ganjar Pranowo optimistis dapat meraih kemenangan 51 persen di NTB, terlebih dirinya mendapat dukungan dari masyarakat Sasak. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Ganjar Pranowo optimistis dapat meraih kemenangan 51 persen di NTB, terlebih dirinya mendapat dukungan dari masyarakat Sasak. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP, Ganjar Pranowo, mendapat dukungan dari masyarakat suku Sasak NTB. Ganjar pun optimistis dapat meraih kemenangan 51 persen di NTB pada Pilpres 2024 mendatang.

Untuk mewujudkan hal itu, Ganjar menilai langkah konkret yang perlu dilakukan adalah mengawal suara 151 orang di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

"Siapa orangnya dan dekati, 151 orang dicari bisa sampai 200 orang, datangi setiap hari. Kalau sehari mereka bisa datang pada dua orang, tinggal dikalikan berapa orang yang kita lakukan. Kalau dilakukan makin banyak orang makin dapat profilnya. Beberapa sudah dicoba," kata Ganjar dalam acara konsolidasi DPD PDI Perjuangan NTB di Kota Mataram, dikutip dari Antara, Minggu (18/6/2023).

Sekitar 16.000 TPS di Kota Seribu Masjid tersebut, dia memerinci dalam satu TPS berkisar 300 orang.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Minta Parpol Pendukung untuk Ajukan Nama Cawapres

"Sebanyak 16.000 TPS, satu TPS kira-kira 300 orang," imbuhnya.

Dalam kunjungannya ke NTB, Ganjar mendapat sambutan hangat dari masyarakat suku Sasak NTB. Ganjar pun disematkan PIN dari Laskar Sasak, serta Pemaje dari Kedatuan Pejanggik.

PIN Laskar Sasak merupakan bentuk ucapan selamat datang kepada Ganjar yang menyambangi tanah NTB. Sementara Pemaje yang merupakan alat keseharian masyarakat Sasak untuk menghaluskan barang, disimbolkan sebagai tanda penghormatan kepada Ganjar.

Ketua Umum Laskar Sasak se-Indonesia, Datu Anom Lalu Muhammad Ali Sadikin mengatakan, masyarakat Sasak sangat antusias dengan kedatangan Ganjar. Pasalnya Ganjar selama ini dikenal sebagai pemimpin yang rajin merawat kebudayaan bangsa.

"Laskar Sasak melihat sosok Pak Ganjar ini sangat care terhadap nilai-nilai kebudayaan yang sangat luar biasa," kata Datu Anom di lokasi.

-
Ganjar Pranowo disematkan PIN dari Laskar Sasak, serta Pemaje dari Kedatuan Pejanggik saat berkunjung ke NTB.

Baca Juga: Museum Negeri NTB, Peninggalan Sejarah dari 3 Suku Besar di NTB

Menurut Datu Anom, selama meimpin Jawa Tengah (Jateng) Ganjar selalu menunjukkan keberpihakkan kepada pegiat kebudayaan. Bahkan di Jateng Ganjar punya kebijakan mengenakan pakaian adat setiap Kamis.

“Jadi kita sebagai masyarakat sasak itu sangat-sangat care terhadap beliau karena beliau adalah penaung dari budaya-budaya ini. Di mana kebudayaan kita ini adalah warisan yang paling inti daripada Indonesia karena itu adalah pondasi,” katanya.

Datu Anom berharap Ganjar akan terus merawat kebudayaan bangsa lewat kepemimpinan nasional sebagai Presiden. Terlebih kebudayaan merupakan ‘ibu’ dari nusantara.

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X