Pemkot Surakarta Gandeng Kementrian PUPR untuk Kaji Desain Keraton

- Sabtu, 28 Januari 2023 | 18:23 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Z Creators/Eko Haryanto)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Z Creators/Eko Haryanto)

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tengah mengkaji desain bangunan Keraton Solo yang sebentar lagi akan direvitalisasi oleh pemerintah.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Solo. Gibran pun menyebutkan akan memberikan update terkait kabar ini dalam beberapa hari ke depan.

"Kemarin saya sudah koordinasi dengan Dirjen Cipta Karya, kami sudah dapat masterplan dari tahun 2017 dan 2008. Ini baru kami bandingkan dan kita tunggu langkah berikutnya," ucap Gibran, seperti INDOZONE sadur dari Antara, Sabtu (28/1/2023).

Baca Juga: KPK Pastikan Video Penangkapan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Hoaks

Gibran pun sangat berharap revitalisasi dapat segera dilakukan menyusul selesainya koordinasi terkait dengan masterplan.

"Secepatnya kalau bisa. Ini kajian yang dulu sudah pernah diajukan, ini kami kaji lagi, karena dua tahun yang berbeda," katanya.

Menurut dia, isi dari dua kajian tersebut berbeda sehingga masih perlu disinkronkan lagi.

Baca Juga: Selvi Blak-blakan Sebut Suaminya Tak Pernah Bilang 'I Love You', Ini Reaksi Gibran

"Ini saya koordinasi terus dengan Gusti Purbaya (putra Paku Buwono XIII), nanti saya update lagi ya," katanya.

Ia mengatakan nantinya revitalisasi tidak hanya dilakukan pada bangunan keraton tetapi juga secara menyeluruh, termasuk Masjid Agung Keraton Surakarta.

Sementara itu, dikatakannya, sebelumnya revitalisasi tidak segera dilakukan karena pihak-pihak yang terlibat kurang kompak.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X