Terkait Balap Liar, Puluhan Remaja Digiring ke Mapolres Banjarbaru

- Minggu, 25 April 2021 | 20:50 WIB
 Sejumlah remaja pelaku balapan liar di kawasan Lapangan Murjani, Ahad dinihari dijatuhi sanksi tilang dan mendorong motor hingga ke mapolres Banjarbaru usai terjaring razia tim patroli UKL Polres Banjarbaru. (Foto humas Polres/Antaranews Kalsel)
Sejumlah remaja pelaku balapan liar di kawasan Lapangan Murjani, Ahad dinihari dijatuhi sanksi tilang dan mendorong motor hingga ke mapolres Banjarbaru usai terjaring razia tim patroli UKL Polres Banjarbaru. (Foto humas Polres/Antaranews Kalsel)

Puluhan remaja pelaku balap motor liar di kawasan Lapangan Murjani depan Balaikota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dijatuhi sanksi tilang dan juga mendorong motor sejauh kurang lebih satu kilometer ke Mapolres Banjarbaru.

Kapolres Banjarbaru Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Doni Hadi Santoso, mengatakan bahwa razia itu dilaksanakan pada Ahad (25/04) sekitar pukul 02.15 WITA.

Pihak kepolisian mengamankan 21 unit sepeda motor dan 38 remaja yang terlibat dan dilakukan pembinaan.

"Kami banyak menerima informasi masyarakat melalui aplikasi Cangkal Polres Banjarbaru dan media sosial yang resah atas balapan liar di sekitar lapangan Murjani sehingga bergerak menindaklanjutinya," ujar kapolres, seperti dilansir Antara.

Kapolres yang didampingi Kasubbag Humas AKP Tajuddin Noor menekankan bahwa aksi balapan liar itu dikeluhkan karena mengurangi kekhusuan bulan suci Ramadhan juga mengganggu aktivitas masyarakat yang ingin beristirahat.

Maka dari itu, pihaknya meminta orangtua mengawasi anak-anaknya apabila menggunakan sepeda motor malam hari hingga dinihari mencegah mereka melakukan aksi balapan liar di kawasan depan Balaikota Banjarbaru tersebut.

"Mari awasi dan ingatkan anak-anak kita agar mereka tidak melakukan aksi balapan liar karena mengganggu kekhusuan bulan suci Ramadhan dan balapan selain melanggar aturan lalu lintas juga membahayakan," pesannya.

Sementara itu, razia balapan liar yang dilakukan personel tim patroli UKL Polres Banjarbaru dipimpin Kabagops Kompol Abdul Fatah memblokade jalan keluar masuk lapangan Murjani yang dipenuhi oleh remaja dan motornya.

"Kami tutup semua akses keluar di sekitar Lapangan Murjani dan Jalan Panglima Batur sehingga mereka tidak bisa keluar," ujar Abdul Fatah yang memimpin operasi didampingi Kasat Sabhara AKP M Saftori.

Dikatakan, blokade tersebut membuahkan hasil dengan mengamankan 21 unit sepeda motor tidak dilengkapi surat menyurat sehingga dikenakan tilang dan pemiliknya disanski mendorong motor hingga ke mapolres.

"Sanksi yang dikenakan bukan hanya tilang tetapi juga mendorong motor hingga ke mapolres guna efek jera dan 38 orang didata dan dibina," ujar Fatah seraya menyebut satu unit mobil tanpa surat juga diamankan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X