Pemkot Banjarmasin Imbau Warga Tak Berteduh di Bawah Pohon saat Hujan dan Angin Kencang

- Sabtu, 25 Februari 2023 | 12:06 WIB
Kondisi hujan lebat di daerah Kalsel. (ANTARA/HO)
Kondisi hujan lebat di daerah Kalsel. (ANTARA/HO)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dari Pemerintah Kota (Pemkot)  Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengeluarkan status waspada cuaca ekstrem hujan dan angin kencang. Salah satunya melalui berbagai imbauan. 

"Jika terjadi hujan lebat warga jangan berteduh di bawah pohon, sebab hujan disertai petir dan angin kencang, hingga waspada pohon tumbang," ujar Kepala BPBD Kota Banjarmasin Husni Thamrin di Banjarmasin, mengutip Antara.

Menurut dia, cuaca ekstrem terjadi saat ini dengan curah hujan tinggi disertai petir dan angin kencang, hingga masyarakat harus waspada ke luar rumah.

Baca Juga: Waspada, BMKG Imbau Sejumlah Wilayah Potensi Hujan Lebat hingga Petir

Sebab dari prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalsel, kata Thamrin, wilayah Kota Banjarmasin pada 24 Februari 2023 ini sejak pagi hingga malam berpotensi hujan ringan dan lebat yang disertai petir dan angin kencang.

"Jadi harus berhati-hati semuanya, jika terjadi hujan cari tempat aman untuk berteduh," ujarnya.

Ditambahkan Analis Mitigasi Bencana, BPBD Kota Banjarmasin, Hanafi, status waspada cuaca ekstrem hujan dan angin kencang hingga satu pekan ke depan.

Menurut dia, status waspada ini sesuai arahan BMKG Kalsel terkait prakiraan cuaca yang terjadi untuk sepekan.

"Kami selalu standby, sesuai arahan kepala BPBD untuk bersiaga apabila terjadi apa-apa," ujarnya.

Baca Juga: Akibat Cuaca Ekstrem, Sejumlah Penerbangan di Kupang Tunda Keberangkatan

Selain waspada hujan dan angin kencang, Kota Banjarmasin juga tetap waspada banjir dan air pasang, karena beberapa hari ini kondisi permukaan air sungai di Kota Banjarmasin naik signifikan, hingga terjadi banjir rob di sejumlah wilayah khususnya daerah pemukiman di bantaran sungai Martapura.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X