Ketua MPR Dukung Wacana Pilgub Langsung Dihapus, Gubernur Ditunjuk Pemerintah Pusat

- Minggu, 5 Februari 2023 | 14:09 WIB
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo atau Bamsoet mendukung wacana penghapusan pemilihan gubernur (Pilgub) secara langsung. Dia menyebut wacana itu telah dikaji sejak lama. 

“Bukan penghapusan. Kita sudah memiliki pemikiran lama, kajian, bahwa karena gubernur adalah perpanjangan tangan dari pemerintah pusat,” kata Bamsoet kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (5/2/2023).

Baca Juga: Cak Imin Usul Pemilihan Langsung Gubernur Dihapus, Kenapa Ya?

Bamsoet menegaskan, jabatan gubernur harus tetap ada sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah. Namun, Ia berpendapat pilgub secara langsung sebaiknya dihapus dan gubernur ditunjuk langsung oleh pemerintah pusat.

“Sebaiknya hasil kajian kami, saya pribadi dan kawan-kawan, tidak terkait dengan kelembagaan ya MPR, DPR, sebaiknya memang gubernur ditunjuk mewakili pemerintah pusat,” ujarnya.

Baca Juga: Cak Imin: Pemilihan Gubernur Langsung Melelahkan, Tak Sebanding dengan Kewenangan

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengusulkan agar pemilihan gubernur secara langsung dihapus. Pasalnya, kata dia, proses pemilihan gubernur secara langsung sangat melelahkan. 

Cak Imin berpendapat agar sistem pemilihan umum (Pemilu) secara langsung dijalankan hanya untuk pemilihan presiden (pilpres), pemilihan bupati (Pilbup) dan pemilihan wali kota (Pilwalkot).

“PKB mengusulkan pilkada hanya pemilihan langsung hanya Pilpres dan Pilbup dan Pilkota. Pemilihan gubernur tidak lagi karena melelahkan,” kata Cak Imin dalam sambutannya di acara Sarasehan Nasional Satu Abad NU di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (30/1/2023).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X