HPN 2023: Ketua Dewan Pers Ingatkan soal Pers yang Bebas dan Bertanggung Jawab

- Kamis, 9 Februari 2023 | 08:33 WIB
Ilustrasi Hari Pers Nasional (FREEPIK)
Ilustrasi Hari Pers Nasional (FREEPIK)

Hari Pers Nasional (HPN) 2023 jatuh pada hari ini, Kamis 9 Februari 2023. Dalam hari besar pers nasional ini, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengatakan, saat ini pers tidak hanya bebas dalam melaksanakan tugas jurnalistik, tetapi juga harus memiliki rasa tanggung jawab.

"Pers harus bertanggung jawab dalam pemberitaan yang disiarkan melalui media massa," ucap Ninik pada Konvensi Media Massa dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Ballroom Hotel Mercure, Medan, Sumatera Utara, Indozone melansir dari ANTARA, dikutip pada Kamis (9/2/2023).

Untuk mewujudkan pers bebas dan bertanggung jawab, kata Ninik, tentunya wartawan perlu mendapat pelatihan oleh PWI Pusat.

-
Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu (ANTARA FOTO/Munawar)

Baca Juga: Jelang HPN 2023, Kemenkominfo Beri Pesan untuk Insan Pers Indonesia

Melalui pelatihan-pelatihan seperti uji kompetensi wartawan (UKW) dari PWI Pusat, dia berharap dapat menghasilkan wartawan berkualitas dan memiliki dedikasi tinggi serta bertanggung jawab.

"Seorang wartawan perlu mengikuti UKW serta pelatihan tentang jurnalistik sehingga dapat menghasilkan wartawan yang kompeten dan berkualitas," ungkapnya.

Ketua Dewan Pers menambahkan, wartawan dengan pengalaman UKW memiliki pemikiran tinggi, cerdas, dan pemberitaannya tetap mengikuti kaedah jurnalistik. Selain itu, wartawan lulusan UKW dapat dipercaya dan tetap mengikuti peraturan-peraturan yang berlaku.

Sehubungan dengan itu, Dewan Pers tetap mengarahkan kepada media massa agar wartawan dapat mengikuti UKW. Ia mengatakan, media massa agar mendapat verifikasi oleh Dewan Pers guna menciptakan wartawan yang benar-benar dan mampu melaksanakan tugas jurnalistik.

Baca Juga: Pastikan Hadiri HPN 2023 di Medan, Presiden Jokowi Singgung soal Kebebasan Pers

"Pelatihan UKW bagi insan pers mampu menciptakan wartawan yang baik, jujur, cerdas, bertanggung jawab, dan tidak melanggar hukum," kata Ketua Dewan Pers.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X