Mahfud MD Sebut DPR ‘Markus’, Benny Harman Sindir Baju Putih untuk Cawapres 2019

- Rabu, 29 Maret 2023 | 19:03 WIB
Komisi lll DPR RI menggelar rapat bersama Mahfud MD (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)
Komisi lll DPR RI menggelar rapat bersama Mahfud MD (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Benny K. Harman, sempat saling sindir dengan Ketua Komite Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), Mahfud MD.

Keduanya terlibat saling sindir di dalam rapat yang membahas transaksi mencurigakan Rp349 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Rapat tersebut digelar, pada Rabu (29/3/2023).

Sindir-sindiran tersebut dimulai oleh Mahfud yang menyebut anggota DPR sebagai 'markus'. Istilah ‘markus’ tersebut terlontar lantaran dirinya merasa aneh dengan sikap DPR yang suka marah-marah, tapi kerap titip kasus ke aparat penegak hukum.

-
Komisi lll DPR RI menggelar rapat bersama Mahfud MD (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin)

Baca Juga: Rapat DPR Bareng Mahfud MD Berlangsung Panas karena Sri Mulyani Gak Hadir

Kemudian, Benny membalas sindiran Mahfud. Ia menyinggung soal baju putih yang disiapkan Mahfud ketika diperkirakan bakal diusung sebagai calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilu 2019 lalu.

Namun, Mahfud batal mendampingi Joko Widodo lantaran Koalisi Indonesia Kerja (KIK) memilih Ma’ruf Amin sebagai cawapres.

“Seperti Pak Mahfud bilang, anggota dewan yang tadi (markus) itu kan dulu. Ini juga dulu saya masih ingat pak Mahfud sudah siapkan baju putih, kan,” kata Benny.

“Saya waktu itu Pak ketua, saya kenal baik beliau ini (Mahfud). Istri saya tanya pak, kenalkan sama Pak Mahfud. Dia sudah siapkan baju dipanggil oleh bapak Jokowi jadi cawapres,” imbuhnya.

Mahfud MD Disangka Mau Manfaatkan Kasus Ini sebagai Panggung Politik

Benny sempat menduga Mahfud menjadikan persoalan transaksi janggal Rp349 triliun sebagai panggung politik mjelang Pemilu 2024.

“Macam-macam pikiran saya. Jadi, muncul tadi macam-macam ini, membuat saya punya penilaian terhadap Pak Mahfud. Interpretasi terhadap apa yang beliau lakukan,” ungkap Benny.

Baca Juga: Ruang Rapat Mendadak Riuh saat Mahfud MD Sebut DPR Markus

“Sampai ada yang mengatakan, jangan-jangan Pak BKH (Benny K. Harman), Pak Mahfud ini mau jadikan ini panggung untuk cawapres atau capres. Bagi saya, itu biasa. Kalau toh itu, saya bilang gitu hak beliau dan beliau pantas untuk itu. Tapi itu dulu. Saya ngomong yang dulu,” pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X