Terima Aduan Fasilitas Publik Rusak, Ganjar Respons Cepat Perbaikannya

- Jumat, 16 Juni 2023 | 11:45 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo merespons aduan masyarakat ihwal fasilitas publik yang rusak dengan memproses perbaikannya. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Gubernur Ganjar Pranowo merespons aduan masyarakat ihwal fasilitas publik yang rusak dengan memproses perbaikannya. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merespons cepat laporan fasilitas publik rusak yang diterima dari aplikasi LaporGub. Ganjar pun memantau langsung aduan tersebut dengan memproses perbaikannya.

Fasilitas publik yang dilaporkan mengalami kerusakan tersebut adalah bangunan SDN 1 Karangweder. Adapula ruas Jalan Karangwader - Leyangan dan Jalan Gadoh - Gunung Tumpeng. Semuanya berada di Kabupaten Grobogan.

Pada Kamis (15/6/2023) sore, Ganjar meninjau langsung proses perbaikan itu.

Ganjar melihat berbagai kerusakan di SDN 1 Karangweder, seperti atap-atap yang bolong hingga pintu yang lapuk. Dana senilai Rp1,5 miliar dianggarkan untuk membangun ulang sekolah tersebut, sementara kegiatan belajar mengajar dialihkan ke rumah para pengajar.

Baca Juga: Perluas Akses Pendidikan, Pemprov Jateng Tambah 15 SMKN Gratis yang Digagas Ganjar Pranowo

Kemudian Ganjar mengecek perbaikan ruas Jalan Karangwader - Leyangan sepanjang 2,2 km. Mayoritas kerusakan sudah diperbaiki, tinggal 450 meter yang masih dalam proses pengerjaan.

Lalu Ganjar bertolak ke ruas Jalan Gadoh - Gunung Tumpeng. Perbaikan ruas jalan ini sudah selesai dan bisa gunakan masyarakat sehari-hari.

Menurut Ganjar, semua aduan masyarakat dari aplikasi LaporGub atau media lain sangat membantu pemerintah. Khususnya untuk menemukan rekomendasi perbaikan dalam perencanaan pembangunan.

Oleh karena itu, kata Ganjar, pemerintah tidak perlu sensi dengan aduan-aduan tersebut. Pihaknya, kata Ganjar, berkomitmen dan berupaya merespons aduan itu dengan cepat.

Aduan masyarakat membantu. Kalau kita belum bisa merespons seketika, tidak apa-apa kita sampaikan kepada masyarakat ada tahapannya. Sehingga masyarakat teredukasi dengan baik bagaimana tahapannya sampai perencanaan pembangunan itu,” tutur dia.

 Baca Juga: Ganjar Bakal Gencarkan Operasi Pasar di Jateng untuk Stabilkan Harga Komoditas

Ganjar pun mengapresiasi Pemkab Grobogan yang sigap berkoordinasi dengan Pempov Jateng untuk segera memproses perbaikan yang dibutuhkan masyarakat. Ganjar berharap sinergitas pemerintah di setiap level bisa terus terjaga.

“Sekali lagi, semangat dan komitmennya bagus, maka relasi antara pusat, provinsi, dan kabupaten, kalau kita dalam garis yang sama insya Allah semuanya cepat,” kata Ganjar.

Sebagai informasi, LaporGub merupakan gebrakan yang diinisiasi Ganjar sejak periode pertamanya pada 2013. Berdasarkan data terbaru Government Resource Management System (GRMS) Jawa Tengah, sejak 1 Januari 2023 hingga 23 Februari 2023, LaporGub mencatat ada 3.829 aduan yang masuk.

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X