Tutup Pendidikan SPN Polda Metro 2019, Ini Harapan Kapolda Metro

- Senin, 2 Maret 2020 | 10:58 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana saat Tutup Pendidikan SPN Polda Metro 2019 di SPN Polda Metro Jaya, Cigombong, Lido, Bogor, Senin (2/3/2020).  (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana saat Tutup Pendidikan SPN Polda Metro 2019 di SPN Polda Metro Jaya, Cigombong, Lido, Bogor, Senin (2/3/2020). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana menutup pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Metro Jaya tahun pendidikan 2019-2020 dengan siswa sebanyak 660 bintara polisi. Apa saja harapan Kapolda Metro kepada ratusan polisi baru itu?

"Pada hari ini, Senin 2 Maret 2020 pendidikan pembentukan bintara Polri tahun anggaran 2019-2020 dengan resmi saya nyatakan ditutup," kata Irjen Nana dalam sambutannya di SPN Polda Metro Jaya, Cigombong, Lido, Bogor, Senin (2/3/2020).

Irjen Nana kemudian memimpin sumpah kepolisian dan diikuti oleh ratusan bintara Polri itu. Nana juga memberikan tiga penghargaan ke tiga siswa berprestasi.

Kemudian, Nana menyebut pendidikan ini diikuti oleh 660 siswa. Ada satu siswa yang tidak lolos menjadi polisi.

"Kalian orang pilihan dari sekian ribu orang yang ikut pendaftaran tetapi pada akhirnya ada 1 orang yang dinyatakan tidak lulus. Yang lulus tinggal 659 ini suatu hal yang tentunya kurang membahagiakan bagi keluarga khususnya siswa tersebut," ungkap Nana.

Selanjutnya, Nana menyampaikan harapannya didepan ratusan polisi baru itu. Dia berharap seluruh anggota polisi yang baru itu dapat menjadi anggota Polri yang bersikap Promoter.

-
Para 659 anggota bintara polisi yang lolos. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

"Saya berharap selama tujuh bulan kalian digembleng di SPN Lido, saya harap kalian harus jadi Bhayangkara Polri yang baik. Jadilah bhayangkara Polri yang Promoter, profesional moderen dan terpercaya artinya dipercaya masyarakat, juga jadi bhayangkara berintegritas dan loyalitas tinggi ke bangsa negara," kata Irjen Nana.

"Kita harap demikian dan akan kita lihat kalian di lapangan, sanggup?," tanya Nana.

Saat itu, para ratusan polisi itu dengan serentak mengatakan 'sanggup.' Selain itu, Nana juga menyampaikan keinginannya yang mengajak 659 polisi baru itu bertugas di Polda Metro Jaya.

"Tadinya saya harap kalian semua jadi anggota Polda Metro jaya, cuma semalam saya dapat informasi dari Mabes Polri karena masalah penempatan kelulusan itu hak Mabes Polri," kata Nana.

Mabes Polri disebutnya menyebar seluruh anggota polisi baru itu untuk bertugas di daerah mana saja. Untuk di Polda Metro sendiri, sebanyak 482 anggota polisi baru akan bertugas di sana.

"Nanti ditempatkan di Mabes sekitar 143 akan di Mabes Polri di Bareskrim, Binmas, Ba Intelkam ada di Baharkam dan 34 orang akan disebar di Sulawesi Utara, Papua dan NTT," papar Nana.

Nana menyebut penempatan wilayah tugas itu merupakan hal yang biasa untuk anggota Polri. Dia juga mengatakan dirinya sudah dipindah tugas di beberapa daerah di Indonesia.

"Semua sama, kalian sudah disumpah siap ditempatkan di mana saja. Sama saja seperti saya, saya pernah di Jambi di Nusa Tenggara Barat dan tempat-tempat lain," pungkas Nana.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X